Mengenal ‘Cheese Strategy’, Bisa Bikin Lawan Kaget!

GCUBE GCUBE-AOV-Cheese Strategy-Featured

Untuk meraih kemenangan dalam permainan AOV, ada berbagai macam strategi yang bisa digunakan. Salah satunya adalah “Cheese Strategy”.

Cheese Strategy adalah strategi yang mengandalkan unsur-unsur tak terduga dalam permainan untuk meraih objective atau tujuan kemenangan permainan itu sendiri.

Istilah strategi ini diperkirakan sudah ada di dunia competitive gaming sejak jaman Starcraft masih berjaya.

Di MOBA sendiri, strategi ini identik dengan penggunaan hero yang “tidak biasa” atau non-Meta, atau build item yang beda dari standar build item pada umumnya.

Taktik ini biasanya digunakan untuk menyesuaikan keadaan permainan saat itu, dan menjadi “faktor X” yang mengejutkan musuh.

Tapi tentunya strategi ini akan berjalan sempurna jika kalian memiliki pemahaman yang matang dari kemampuan setiap Hero, dan dapat memprediksi kira-kira seperti apa strategi lawan saat fase draft Hero.

GCUBE-AOV-Screenshot Drafting Hero
Source: rifki.id

Element of surprise adalah komponen paling utama dalam strategi ini.

Berpikir secara out of the box wajib dilakukan untuk menjaga komponen ini tetap ada dan dapat mengejutkan lawan.

Cara yang paling umum adalah dengan memainkan Hero-Hero unik yang belum banyak atau jarang sekali dimainkan.

Hal ini akan memberikan dampak “kejut” pada lawan yang mungkin sudah memperkirakan gaya bermain kita dari pertarungan-pertarungan sebelumnya.

Salah satu contoh nyatanya adalah EVOS.Mythr yang menggunakan Ilumia di pertandingan terakhir Bo3 Grand Final ASL Season 2 yang digelar Februari silam.

GCUBE-AOV-Ilumia-Featured

Ilumia seringkali diremehkan karena terbatas dalam hal mobilitas maupun utilitasnya di permainan.

Namun, dia dapat membatasi ruang gerak lawan di manapun berada di map dengan skill Ultimate-nya, Cataclysm, yang bersifat global.

Skill ini mampu dikombinasikan secara fleksibel jika timing-nya tepat untuk membantu tim saat dalam situasi Teamfight atau membutuhkan follow-up saat sedang Ganking tanpa harus ada di tempat.

Saat itu, kombinasi Ilumia dilakukan bersama EVOS.Wiraww yang menggunakan Quillen.

Kehadiran Ilumia di pertandingan terakhir sontak membuat tim lawan, GGWP.ID, harus putar otak dalam menginisiasi Teamfight, ataupun berpikir ulang untuk roaming dan melakukan solo kill.

Mereka tidak bisa engage EVOS terlalu berdekatan saat Teamfight karena mereka bisa habis dengan skill Ultimate-nya Ilumia.

Selain menggunakan Ilumia, masih banyak Hero-Hero lain yang dapat membawa elemen mengejutkan dalam implementasi Cheese Strategy.

Yang paling utama, tentukan kombinasi dan game plan kalian saat memutuskan untuk menggunakan strategi ini.

Gunakan kreativitas kalian sepenuhnya saat menggunakan Hero yang kalian pilih, serta hindari gaya bermain yang monoton untuk terus kejutkan lawan dan hadirkan kemenangan dalam permainan kalian!

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *