Nggak Main-Main, Ternyata Hero Tank AOV Banyak Jenisnya!

GCUBE GCUBE-AOV-Jenis-Tank-Featured

Sebagai Hero yang diandalkan untuk selalu berada di garis terdepan dalam setiap pertempuran, peran Hero Tank tidak bisa dilupakan begitu saja.

Eits, tapi jadi Tank tidak selamanya harus pasang badan (lalu mati duluan) lho. Di AOV, beberapa Tank memiliki peranan lebih dari itu, bahkan ada Hero yang “tidak sengaja” bisa jadi Tank untuk timmu.

Apa saja sih jenis peranannya? Dan siapa saja Heronya?

Support Tank

Hero di jenis Tank ini memiliki kemampuan bertahan dari serangan musuh yang relatif rendah dibanding Hero Tank yang lainnya sehingga sulit untuk menginisiasi Teamfight. Namun biasanya Hero di jenis ini diberkahi dengan segudang skill Crowd Control yang dapat merepotkan lawan.

arena-of-valor-chaugnar-portrait

Chaugnar adalah Hero Tank yang complicated atau rumit. Kenapa demikian?

Pasalnya skill Ultimatenya, Chaos Protection, tidak memberikan Damage sama sekali pada musuhnya. Justru lebih mirip seperti skill Support dengan memberi kekebalan Crowd Control pada teman di zona skillnya dan mengurangi Damage yang datang dari musuh.

Dengan efek skill seperti itu, maka sah saja jika Chaugnar digolongkan dalam jenis Support Tank.

arena-of-valor-alice-portrait

Alice jadi Tank?!

Alice adalah salah satu Hero yang “tak sengaja” bisa menjadi Support Tank untuk timmu. Menggunakan skill Sunshine (1) dengan efek Stun, dan skill Ultimatenya, Hissy Fit, secara tepat dapat mengacaukan lawanmu di setiap Teamfight.

Di saat yang bersamaan, kamu dapat menggunakan skill Friendship (2) untuk terus melindungi teman setimmu dengan Shield yang mampu menyerap 125/145/165/185/205/225 (+0.4 AP) damage.

Selain dua Hero ini, beberapa Hero lain yang bisa digolongkan dalam Support Tank adalah TeeMee, Grakk, Gildur, Y’bneth, Mina, Lumburr, dan Ormarr.

Warrior/Mage Tank

Hero Tank dalam jenis ini rata-rata memiliki Damage yang dapat diandalkan untuk membunuh lawan dengan dirinya sendiri. Kunci dalam menggunakan Hero ini adalah selalu peka terhadap situasi yang terjadi di peta serta mengetahui kapan harus terlibat dalam Teamfight dan kapan harus farming.

arena-of-valor-skud-portrait

Kehadiran Hero ini memang sangat disegani dalam situasi apapun.

Dalam Teamfight, dia mampu mengacak-acak pertahanan dan Positioning dari lawannya hanya dalam waktu sekejap dengan skill Furious Charge (1) dan skill Ultimatenya Wild Beast Fury (3).

Berhadapan 1v1 melawan Hero ini juga kesalahan besar, apa lagi jika ia sudah mendapat item-item kuncinya seperti Muramasa atau Fenrir’s Tooth.

arena-of-valor-max-portrait

Meski akhir-akhir ini jarang terlihat, Max tetap jadi ancaman ketika ada di tangan pemain yang benar-benar paham akan potensinya.

Yang membuat kehadirannya mengancam adalah skill Ultimatenya Liftoff (3) yang membuat Hero dengan sisa HP sedikit manapun khawatir karena dia bisa ke lokasi dimanapun musuhnya berada.

Skill Pasifnya Static Shock, memberikan True Damage per detik dan mengurangi 25% regen HP yang tentunya akan merepotkan Hero setebal apapun saat berhadapan dengan Max 1v1.

Selain dua Hero ini, beberapa Hero lain yang bisa jadi alternatif Tank jenis ini adalah Amily, Superman, Marja, dan Omega.

Full Tank

Ya, Hero-Hero dalam jenis ini adalah Hero Tank yang full berperan sebagai Tank karena “keras” alias punya pertahanan fisik (HP & Armor) yang tebal, berfungsi sebagai tembok dan mengalihkan serangan lawan kepadanya saat Teamfight terjadi. Peran Hero ini sangat krusial dalam melindungi rekan setimnya yang dapat memberikan Damage besar namun memiliki HP tipis.

arena-of-valor-cresht-portrait

Hero yang paling terkenal dalam jenis ini adalah Cresht.

Cresht secara jelas menempati posisi ini karena Base Armornya yang tinggi dan skillnya yang cenderung tidak ‘sakit’ sama sekali kecuali saat dia dalam status aktif skill Ultimatenya, Metamorphosis.

Skill Ultimate ini yang menjadi signature Hero ini dimana dia akan berubah menjadi lebih kuat dengan Absorption Shield dan memberikan Damage lebih besar pula.

arena-of-valor-arthur-portrait

Hero Tank favorit para Challengers di Horizon Valley ini tak boleh dilewatkan.

Dengan skill Pasif Paragon miliknya yang memberikan 88 Armor (+8 per level), dia akan jadi semakin tebal dan kuat jika kamu konsisten memberikan ruang dirinya untuk farming.

Jika diperlukan, dia juga bisa berubah peran jadi Warrior Tank karena dia memiliki Damage yang tidak jelek-jelek amat dan bisa menjaga jarak dengan musuh dalam waktu singkat dengan skillnya Righteous Fervor (1).

Selain dua Hero ini, beberapa Hero lain yang dapat kamu andalkan dalam jenis ini adalah Maloch, Taara, Xeniel, Thane, dan Arduin.

Itulah 3 jenis Hero Tank yang perlu kamu ketahui di AOV. Pick jenis yang tepat saat drafting dapat menjadi kunci kemenanganmu selain bermain dengan baik dan benar.

Have fun!

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *