Guide Ryoma – Ayunan Naginata Kematian

GCUBE-AoV-Ryoma-Guide-Image

Pendahuluan

Ryoma-Hero-Screen

Ryoma adalah hero Warrior di AoV yang memiliki keunikan tersendiri, dimana meskipun dia memiliki serangan Melee, jaraknya bisa lebih jauh dari hero Warrior lainnya.

Kemampuan pasif ini ditambah dengan bonus untuk serangan pada musuh yang berada di ujung jangkauannya membuat Ryoma mendapatkan keuntungan besar bila melawan hero Melee lainnya.

Mari kita bahas Ronin satu ini lebih lanjut!

Kelebihan dan Kekurangan Ryoma

Kelebihan
• Warrior dengan poke yang kuat
• Dapat melakukan push lane dengan baik
• Serangannya memiliki jarak yang jauh, terutama dengan pasifnya
Kekurangan
• Butuh keahlian positioning yang baik
• Jarak serangannya masih tetap kalah dengan Archer

Build Item Ryoma

Gilded Greaves memberikan tambahan Movement Speed sekaligus Bonus Resistance untuk mengurangi durasi efek Crowd Control. Magic Defense yang diberikan item ini juga sangat bagus untuk awal permainan.

Spear of Longinus akan memberikan Damage dan Cooldown Reduction yang cukup besar. Selain itu, efek pengurangan Armor per hit dari item ini bersinergi dengan Ultimate Ryoma yang menyerang berkali-kali.

Frost Cape memberikan Armor dan Cooldown Reduction yang dibutuhkan Ryoma. Efek dari item ini juga bagus bila digunakan pada kombo Skill dengan Pasifnya.

Rankbreaker memberikan Damage serta Armor Penetration yang besar. Item ini juga membuat Ryoma lebih efektif dalam gank ataupun split push.

Medallion of Troy memberikan Magic Defense yang sangat besar bersama dengan Cooldown Reduction tambahan. Item ini sangat berguna bila lawan memiliki hero Mage yang cukup mengancam.

Fenrir's Tooth memberikan Damage yang sangat besar bersama dengan efek yang membuat Ryoma menjadi semakin berbahaya bagi hero yang sudah berada di ambang kematian.

Recommended Arcana
Level 3 Arcana
Arena-of-Valor-Arcana-3-Onslaught Arena-of-Valor-Arcana-3-Assassinate Arena-of-Valor-Arcana-3-Dragons-Claw
Onslaught
x10
Assassinate
x10
Dragon's Claw
x10
Total Stat:
Phys. Attack +45
Armor Pierce +100
Mov. Speed +10%

Set Arcana ini akan membuat Ryoma semakin kuat dalam laning sekaligus ganking pada lane lain. Damage dan Armor Penetration yang diberikan akan membuatnya sangat berbahaya pada early game, bahkan bagi hero Tank sekalipun.

Bonus Movement Speednya juga memberikan Ryoma kebebasan untuk berpindah-pindah lane jika ingin membantu hero tim lainnya.

Recommended Talent
Arena-of-Valor-Talent-Flicker Arena-of-Valor-Talent-Daze
Flicker Daze

Flicker dapat menyelamatkan nyawa pemain di saat yang genting, terutama bila musuh memiliki Crowd Control kuat atau Skill 1 sedang Cooldown.

Daze dapat membuat musuh yang berada di dekat hero terkena Stun dan menghasilkan damage lebih kecil dari biasanya.

Build Skill Ryoma


Skill Pasif - Naginatajutsu

Skill pasif Ryoma adalah yang membuatnya dapat melakukan trading hit dengan aman dengan hero Melee lainnya. Setiap 5 detik, serangan biasanya menjadi lebih jauh dan mendapatkan bonus Damage serta tambahan efek Slow. Musuh yang berada di ujung serangan ini juga akan terkena 50% Damage tambahan.

Skill 1 - Pinwheel

Skill 1 Ryoma akan membuatnya menyerang sambil melompat kebelakang. Skill ini tidak begitu berguna untuk menghasilkan Damage, tapi sangat efektif untuk berpindah posisi bila ingin menghindar dari serangan, atau untuk kabur, atau untuk menambah jarak sebelum menyerang dengan Skill Pasif atau Skill 2.

Skill ini juga bisa digunakan untuk mendekati lawan bila digunakan ke arah yang berlawanan.

Skill 2 - Wailing Blade

Skill 2 Ryoma adalah skill poke yang sangat mematikan bila tahu cara menggunakannya. Skill ini akan menyerang seluruh musuh dalam garis lurus, dan akan memberikan efek stun pada musuh yang berada di ujung serangan skill ini. Kombinasi Skill ini dengan serangan dari Pasif Ryoma akan menghasilkan damage yang besar tanpa mendapat balasan yang berarti dari musuh, terutama pada early game.

Skill 3 - Spectral Ire

Skill 3 Ryoma akan menyerang seluruh musuh di depannya sebanyak 4 kali dengan sangat cepat sambil memulihkan HPnya untuk setiap hit dari skill ini.

Penggunaan Skill Ultimate ini pada saat yang tepat akan memutar balik keadaan pertarungan karena HP musuh akan berkurang dengan cepat, sementara Ryoma justru memulihkan HPnya. Cooldown dari Skill ini juga sangat sebentar, jadi jangan ragu untuk menggunakannya bila ada kesempatan.

Untuk kombinasi skill, gunakan Skill Ultimate untuk menghasilkan damge besar, kemudian gunakan Skill ke-1 sebelum Skill Pasif dapat digunakan untuk menambah jarak dari lawan, dan gunakan Skill ke-2 untuk menstun mereka. Setelah itu, hantam dengan serangan yang diperkuat dengan Skill Pasif. Bila Cooldown Reduction Ryoma cukup besar, Skill Ultimate sudah dapat digunakan lagi setelah kombinasi skill ini.

Untuk urutan skill, Skill 2 adalah prioritas utama sebagai sumber damage terbesar. Skill 1 lebih digunakan untuk kemampuan melompatnya. Dan tentu saja, skill Ultimate selalu dinaikkan begitu ada kesempatan.

Cara Memainkan Ryoma

Early Game

Ryoma memiliki keunggulan di early game dengan kemampuannya melakukan poke dari jarak yang lebih jauh dari hero Warrior lain. Gunakan kesempatan yang ada untuk menggunakan Skill 2 yang disambung dengan serangan dari Pasifnya untuk mencicil HP lawan dengan aman.

Meskipun begitu, Ryoma tetap perlu hati-hati dalam laning. Terutama bila melawan hero Archer/Mage yang mampu menyerang dengan jarak yang lebih jauh lagi, atau bila musuh melakukan gank. Jangan ragu untuk meminta bantuan bila musuh terlihat lebih memiliki keunggulan di lanemu.

Mid Game

Ryoma memasuki momen terbaiknya di Mid game bila dapat farming dengan baik di awal. Serangannya sangat sakit dan musuh belum begitu bisa membalas dengan maksimal.

Lakukan gank pada lane lain untuk membantu hero tim yang kesusahan, dan pojokkan lawan dengan Skill Ultimate yang dapat dispam.

Late Game

Pada tahap late game, Ryoma biasanya sudah tidak begitu banyak berperan lagi, karena Crowd Control musuh sudah mulai berasa dampaknya dan Damage mereka sudah mampu menyaingi Ryoma. Kecuali musuh sangat tertekan hingga tahap ini.

Gunakan kombinasi Skill Ryoma dengan baik setiap ada teamfight, dengan memprioritaskan hero carry lawan yang lebih mudah dibunuh dan menyerang lebih dari satu musuh dengan ujung Skill 2 untuk memberikan multi-stun.

Hero Counter Ryoma

Hati - Hati Terhadap
Arena-of-Valor-Support-Grakk Arena-of-Valor-Archer-Violet Arena-of-Valor-Tank-Thane
Grakk Violet Thane


Grakk dapat menahan serangan Ryoma dengan mudah karena daya tahannya yang besar, dan dia mampu membuat Ryoma tidak berkutik dalam teamfight bila dia berhasil ditarik dan disedot oleh Skill Ultimate dari Grakk. Jaga jarakmu bila melawan hero ini, dan beranikan diri untuk maju bila dia sudah menggunakan Skill Ultimatenya sebelumnya.

Violet adalah hero Archer yang memang sudah menjadi Counter alami bagi hero seperti Ryoma. Selain itu, dia dapat bergerak kesana kemari dengan sangat mudah, sehingga sangat sulit untuk mendaratkan stun dari Skill 2 Ryoma. Bersabar lah bila melawan Violet di lane kamu, dan jangan segan untuk meminta bantuan bila dia lebih tangguh dari yang diharapkan.

Thane termasuk hero Tank paling berat untuk menjadi lawan Ryoma, karena dia memiliki Skill Crowd Control yang sangat kuat, dan masih bisa menghasilkan damage besar dengan True Damage dari Ultimatenya. Tunggu dia menggunakan Valiant Charge dulu sebelum mencoba Skill 2 untuk menstun hero ini, karena tidak akan berpengaruh. Dan jangan nekad menyerang Thane dengan HP dibawah 50% bila dia masih memiliki Ultimatenya.

Kesimpulan

ryoma-victory

Ryoma memang memiliki damage yang sangat besar dan jangkauan yang jauh untuk hero Warrior Melee. Namun, dia memiliki kelemahan yang cukup signifikan, yaitu kurangnya kemampuan Crowd Control yang efektif untuk berkontribusi dalam teamfight, dan dia sendiri juga sangat rentan dengan efek Crowd Control dan burst damage karena daya tahannya yang sebenarnya biasa-biasa saja.

Pemain Ryoma yang baik akan bermain sabar dan tidak mengambil resiko yang terlalu besar pada early game, agar dia dapat menjadi Warrior yang dapat merangkap sebagai Assassin di Mid game nantinya.

Semoga guide Ryoma ini bisa membantu kalian untuk memahami cara memainkan Ronin pengguna pedang Naginata ini. Untuk info lebih lengkap tentang hero ini bisa dilihat di page utama Ryoma kami, agar dapat memaksimalkan build kalian dan meningkatkan kemampuanya dalam bertempur.

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *